Pages

Sabtu, 24 April 2010

Memanfaatkan Potensi


Kita tidak pernah tahu ke mana pemanfaatan potensi ini akan membawa kita. Sering kali, pencapaian yang kita peroleh berbeda tetapi lebih menghasilkan daripada apa yang menjadi tujuan kita semula. Apa yang telah berubah? Tentu saja bukan hokum alam ilmiah yang mengatur benda-benda di alam. Persepsi saya berubah. Kesadaran saya meluas. Saya sekarang lebih paham akan nilai apa yang saya kerjakan, membuat saya melihat dunia dengan jauh lebih jelas dan realistis.

Dengan memanfaatkan potensi kita, kita memperluas bidang persepsi kita yang sebenarnya telah ada di sana selama ini. Kita hanya tidak menyadari keberadaannya. Dengan belajar menerapkan potensi kita dalam bidang kehidupan lain, kita dapat meningkatkan kualitas hidup kita. Karena itulah kreativitas sangat penting dikembangkan…. bukan hanya dalam bidang seni, tetapi juga untuk meningkatnya kesadaraan yang diakibatkannya dalam keberadaan kita.

Musisi jauh lebih peka akan bunyi dan nada, seniman lebih paham akan kontras dan komposisi, keseimbangan dan keharmonisan. Penulis dan penyair merupakan ahli dalam menangkap sebuah kejadian serta menjelaskan maknanya kepada kita. Saya percaya ada kemampuan sebagai penyair, seniman, pelukis, penulis, dan lain-lain dalam diri kita. Tergantung kepada kita untuk belajar cara mengambil manfaat dari bakat itu. Saya percaya semuanya saling berhubungan. Apa yang tidak bisa saya lakukan pada suatu bidang bisa saya pelajari dari orang lain yang lebih ahli dalam bidang itu.

Saya tidak berbicara tentang melewati semacam tes dan mencari guru untuk memberikan pelajaran. Saya berbicara tentang menyadari dan cukup serius mencari jalan dalam melakukan apa pun yang Anda ingin atau harus lakukan. Kita membicarakan potensi yang ada dalam diri kita. Ada aspek lain dalam melihat sebuah potensi, yaitu dunia luar. Jika Anda melihat dengan pikiran terbuka dan inovatif, Anda akan mulai melihat berbagai macam potensi dan peluang di sekitar Anda. Hal ini termasuk dalam situasi apa pun Anda berada saat ini, dalam tingkatan apa pun perkembangan yang telah Anda capai. (B.G, 2006).