Pages

Senin, 05 April 2010

Tidak Ada Kegagalan, Hanya Umpan Balik Yang Kurang Tepat


Orang-orang cenderung memandang hari-hari buruk mereka sebagai kegagalan. Lalu timbul perasaan-perasaan tak karuan dan tak layak. Contohnya dalam bisnis, sering seseorang yang sedang berusaha meningkatkan penjualannya hanya memperoleh untung sedikit karena takut mengambil resiko. Dalam hubungan pria-wanita, seorang wanita yang mendapati suaminya berselingkuh, cenderung mempercayai bahwa semua pria tidak jujur seperti suaminya. Akhirnya, dia menjauhi semua pria.

Akan tetapi, coba Anda bertanya kepada orang-orang sukses tentang rahasia kesuksesan mereka. Mereka tidak hanya akan bercerita tentang kegagalan, tetapi juga tantangan yang mereka jumpai. Mereka pasti menceritakan bagaimana mereka menghadapi setiap tantangan, kalah dan berusaha lagi. Bagaimana kegagalan-kegagalan tersebut menjadikan mereka lebih tangguh dari sebelumnya. Masa lalu Anda benar-benar seperti harta karun pengalaman yang berharga untuk digunakan melangkah ke masa depan. John Grinder menggarisbawahi hal ini dengan mengatakan, “Masa lalu tidak sebanding dengan hari esok.” Tidak peduli seberapa kali Anda gagal di masa lalu, yang penting adalah bagaimana Anda memanfaatkan pengalaman-pengalaman tersebut. Pepatah Cina mengatakan, “Kesuksesan datang dari keputusan yang baik, keputusan yang baik datang dari penilaian yang tepat. Penilaian yang tepat diperoleh dari pengalaman dan pengalaman didapat dari penilaian yang buruk.”
Maju terus, ambil resiko, evaluasi, selaraskan, gunakan pengalaman-pengalaman terdahulu dan pengetahuan Anda untuk meraih kesuksesan. Tidak ada kegagalan, hanya umpan balik yang kurang tepat. (I.E, 2009)